Trade up Your Cup

My Blog

Strategi Investasi Saham, Peluang Survive Hadapi Resesi

ilustrasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 kembali mencatat kontraksi pelemahan akibat dari pandemi Covid-19. Namun, melemahnya perekonomian bukan artinya, kondisi keuanganmu juga ikut melemah. Ada satu hal yang bisa dilakukan agar tidak terdampak secara langsung dari pelemahan ekonomi Indonesia, yaitu mulailah untuk mengambil langkah investasi atau investasi saham pada sektor yang stabil. 

Bukan sembarang mengambil langkah berinvestasi, namun memilih beberapa instrumen investasi yang tepat, tetap bisa mendatangkan cuan di kondisi-kondisi seperti ini. Bahkan bila dianalisa lebih jauh, mengambil langkah investasi saham di saat-saat seperti ini merupakan langkah yang terbilang cukup efektif karena investor bisa membeli saham-saham dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan kondisi normal. 

Lihat saham hari ini di https://www.most.co.id/riset

Bagaimanakah cara atau strategi berinvestasi untuk tetap bertahan di kondisi menghadapi resesi? 

Pertama, lakukan diversifikasi portofolio

Langkah ini bisa diambil sebagai cara untuk menganalisa kemungkinan investasi saham akan memiliki prospek untuk sekian persen untuk menekan kemungkinan kerugian. Dengan kata lain, tidak hanya di saham, namun bisa juga mengambil langkah investasi lain yang memiliki prospek kenaikan cukup stabil seperti reksadana, emas, atau obligasi. 

Kedua, selain investasi saham berinvestasilah juga pada pasar global

Berinvestasi di pasar global juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendiversifikasi aset selain investasi saham, karena diuntungkan dari sisi makro serta kurs mata uang yang berbeda di negara tujuan. 

Selain berbelanja saham yang di kondisi saat ini bisa didapat dengan harga yang lebih terjangkau. Investasi juga perlu menganut ‘seni’ untuk melihat peluang dari sektor yang masih bertahan di masa pandemi ini. Maka cara ketiga untuk survive berinvestasi sebagai langkah menghadapi resesi adalah, mengalokasikan sebagian dana pada sektor yang masih bertahan dan mendatangkan cuan seperti teknologi informasi, sektor konsumer, sektor kesehatan, dan sektor telekomunikasi. Nah, yuk investasi saham di https://www.most.co.id/saham

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *