Trade up Your Cup

My Blog

Mengenal Lebih Dekat Jenis- Jenis Aki Mobil

Tahukah Anda bahwa yang namanya jenis aki mobil, tidak hanya tentang aki basah atau aki kering saja. Namun Aki yang ada di pasaran saat ini ternyata jauh lebih beragam. Berikut ini adakah aneka jenis aki yang beredar di pasaran, antara lain :   

Aki Basah

Adapun jenis aki mobil yang akan dibahas pertama adalah aki basah. Ini adalah salah satu jenis aki yang paling umum, tersedia di pasaran. Seperti namanya aki basah, karena di dalam aki tersebut, terdapat cairan elektrolit atau yang kerap disebut dengan air aki, yang berasal dari asam sulfat. Air aki yang satu ini, mengandung timah yang cepat sekali habis, karena proses penguapan yang terbilang besar. Selain itu, jika tidak dirawat dengan baik, cairan aki akan lebih mudah tumpah, dan mampu merusak komponen lainnya.    

Aki Kering

Berikutnya aki kering, atau sering kali disebut dengan maintenance free. Isi dari aki kering ini tidak lain adalah cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Dibanding aki basah, aki kering, lebih tidak mudah menguap, juga tidak memerlukan perawatan yang rutin. Selain itu, aki kering ni sudah disegel dengan baik, agar cairan di dalamnya tidak mudah tumpah. Namun demikian, dibanding aki basah, harga aki kering di pasaran terbilang sedikit lebih mahal.

Aki Kalsium

Adapun jenis – jenis aki mobil berikutnya adalah aki kalsium. Seperti namanya, material aki yang satu ini, bukan elektrolit. Melainkan material kalsium. Dibandingkan dengan material lainnya, material yang satu ini, mempunyai tingkat penguapan yang jauh lebih sedikit. Selain itu, daya tahan baterai juga lebih baik, terutama ketika menyalurkan listrik. Aki jenis ini memang kurang populer, dan harganya pun terbilang cukup mahal di pasaran.  

Aki Hybrid

Seperti namanya, maka aki jenis ini adalah campuran dari aki biasa, dengan aki kalsium. Mempunyai tingkat penguapan yang sangat minim, dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Aki jenis ini memang jarang ditemukan di pasaran, juga sedikit berbahaya ketika terciprat ke kulit manusia.  

Aki Gel

Satu lagi jenis aki mobil dan harganya, yang akan dibahas adalah aki Gel. Tidak menggunakan cairan elektrolit, melainkan menggunakan gel, yang membuatnya tidak mudah tumpah, dan tidak berbahaya atau korosif. Yang menarik kali ini hampir bebas perawatan, dan lebih awet dibandingkan aki jenis apapun. Tapi untuk harga, pastinya jauh lebih mahal, dibandingkan harga aki lainnya di pasaran.

Demikianlah beberapa jenis aki mobil, yang terdapat di pasaran, yang tentunya harus Anda ketahui. Agar kelak dapat memilih jenis aki yang tepat, sesuai keutuhan dan pastinya aman ketika digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *