Categories
Uncategorized

Cara Cerdas Memilih Pemanas Air Tenaga Surya yang Tepat

Pemanas Air

Tahukah anda bahwa pemanas air tenaga surya merupakan alat pemanas yang memiliki tingkat efisiensi yang cukup tinggi lho di Indonesia. Penyebabnya karena letak geografis Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa. Nah, untuk anda yang ingin menggunakan pemanas air tenaga surya, yuk simak cara memilihnya berikut ini.

Merk Pemanas Air Tenaga Surya

Cara pertama yang perlu anda ketahui adalah memilih merk pemanas air tenaga surya yang akan digunakan. Tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilihnya, salah satunya adalah memilih brand yang sudah terpercaya.  Selain itu, pastikan merk yang akan dipilih mempunyai prinsipal di Indonesia, bukan hanya importir saja, namun jika anda memilih produk lokal anda bisa memilih pabrik yang jelas yang memiliki SDM yang mumpuni. Tentunya hal ini bisa dilihat melalui kebesaran perusahaan tersebut hingga informasi yang disampaikan melalui sosial media dan website.

Baca Juga: 6 Manfaat Terapi Air Panas untuk Lansia

Material Pendukung Pemanas Air Tenaga Surya

Tentu saja pemanas air tenaga surya tidak bisa terlepas begitu saja dari material pendukung yang lainnya. Maka dari itu, anda perlu memperhatikannya dengan baik apa-apa saja material pendukungnya. Yang pasti yang perlu diperhatikan yang pertama adalah sumber air. Sangatlah disarankan memilih air pam maupun air tanah yang telah difiltrasi serta ditampung ke dalam bak penampungan air. 

Selain itu, material pendukung lainnya adalah pompa pendorong untuk air dingin supaya masuk ke solar water heater. Tentunya hal ini dapat dibuat cabang dengan distribusi air bersih, dengan begitu tekanan yang ada di kran air bisa menjadi sama, yaitu bukaan air panas dengan bukaan air dingin. 

Biaya

Selain itu, jangan lupa pula agar anda menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Memang harga pemanas air tenaga surya yang ada di pasaran begitu variatif, dari mulai yang murah sampai yang termahal sekalipun tersedia. Namun sebaiknya anda tidak hanya terpaku terhadap harga yang murah saja, namun carilah pemanas air tenaga surya dengan kualitas yang bagus juga.