Trade up Your Cup

My Blog

Jangan Keliru, Begini Cara Hitung Umur Pemakaian Aki Mobil Anda!

aki mobil

Memastikan kondisi aki mobil sangatlah penting. Hal tersebut bisa dijadikan pedoman untuk mengantisipasi adanya penurunan kualitas atau perusakan yang berpotensi terjadi. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengetahui umur aki mobil. Lantas, bagaimana cara memeriksa umur aki mobil yang bisa dilakukan?  

Secara umum, umur aki mobil berada dalam rentang satu sampai dua tahun. Namun, kondisi dan kualitas aki mobil tidak sepenuhnya bergantung pada lama atau barunya umur aki mobil. Ada banyak faktor lain yang juga turut mempengaruhi kondisi aki mobil. Maka dari itu, memiliki stabilizer untuk aki mobil anda dapat membantu menjaga kondisi aki mobil. 

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan beberapa tips perawatan aki mobil yang bisa anda aplikasikan. Tak perlu khawatir, cara-cara ini mudah dilakukan baik sendiri maupun dengan bantuan mekanik. Jadi, jangan keliru, begini cara hitung umur pemakaian aki mobil anda beserta cara merawatnya. 

Kiat Sukses Dalam Perawatan Aki Mobil

Seperti yang kita singgung di paragraf pertama, bahwa mengetahui kondisi aki mobil adalah dengan memeriksa umur aki mobil. Cara mudah untuk memeriksa umur aki mobil yang bisa anda lakukan adalah dengan menandai tanggal pemasangan pertama aki mobil anda, dan melihat tanggal produksi dari aki mobil itu sendiri.

Karena aki juga berperan dalam distribusi listrik di dalam mobil, ada baiknya anda juga memasang stabilizer agar aliran listrik jauh lebih stabil dan tidak membebani aki terlalu berat. Dengan melakukan hal tersebut, ditambah pemeriksaan berkala aki mobil (memeriksa isi air di dalamnya, rutin service mobil, dan sebagainya), perjalanan jauh yang membuat alternator mengisi hingga arus paling maksimal pada putaran mesin kurang lebih 2.000 rpm, umur aki mobil anda akan semakin panjang dan terjaga kualitasnya. 

Demikianlah perawatan aki mobil yang bisa anda lakukan demi menjaga kualitasnya. Aki mobil yang baik tentunya tidak akan menganggu penggunaan mobil, yaitu kinerja mesinnya. Jadi pastikan anda selalu merawat aki mobil sebaik mungkin, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *