Trade up Your Cup

My Blog
investasi saham

Trading Saham dan Investasi Saham, Mana yang Paling Oke?

investasi saham

Sudah sejak dulu bahwa trading dan investasi saham menjadi kegiatan yang eksklusif khusus untuk orang – orang yang bekerja di dalam institusi sekuritas. Tapi seiring berkembangnya zaman dan teknologi, semakin membuat kedua aktivitas tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat umum. Dengan adanya aplikasi investasi online yang menaungi kedua aktivitas tersebut maka semakin mempermudah masyarakat untuk terjun ke dunia investasi atau trading saham. Namun masih banyak yang menganggap bahwa trading dan investasi adalah hal yang sama. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Berikut adalah perbedaan trading dan investasi yang wajib Anda ketahui  

Perbedaan Trading dan Investasi, Apa Saja?

Singkatnya, trading merupakan suatu kegiatan menjual dan membeli saham secara online dengan jangka waktu yang pendek untuk tujuan memperoleh laba yang maksimal. Pada pasar keuangan, trading menjadi salah satu jenis investasi yang dapat menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar. Jika ingin melakukan trading maka Anda harus mempelajari mengenai technique analyze untuk memprediksi pergerakan saham dalam bursa harian. Umumnya, para trader memanfaatkan momentum fluktuasi untuk menentukan waktu yang tepat dalam melakukan trading. Jadi hal utama yang harus Anda pelajari dalam melakukan trading adalah mempelajari pergerakan saham dengan baik. 

Berbeda dengan investasi, investasi sendiri memerlukan waktu yang lebih lama dan modal yang lebih banyak untuk meraup keuntungan yang besar, bahkan hingga bertahun – tahun. Biasanya orang yang menginvestasikan uangnya disebut dengan nama investor.  Dalam jangka panjang investasi bisa dilakukan tujuh hingga sepuluh tahun, sesuai dengan target investor terhadap uangnya tersebut.

Baca Juga : Investasi Saham Semkin Mudah dengan Fitur Aplikasi MOST, Cek di Sini!

https://www.most.co.id/saham

Pilih Trading atau Investasi? 

Tidak ada yang baku dalam memilih mana yang terbaik antara trading dan investasi. Namun, dapat disesuaikan dengan profil risiko, kepribadian, hingga kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki banyak waktu dan sudah menguasai saham dengan matang serta menginginkan keuntungan yang besar. Maka trading dapat dipertimbangkan. Seorang trader akan menggunakan trading sebagai mata pencahariannya dalam meraup keuntungan.
Berbeda dengan investasi saham, yang biasanya digunakan oleh orang yang sibuk menjalani rutinitas sehari – hari dan memiliki waktu yang cukup sedikit untuk melihat pergerakan saham. Jika Anda ingin investasi untuk jangka waktu yang panjang, maka investasi saham dapat menjadi pilihan terbaik. Namun, perlu diingat sebelum memulai investasi atau trading pastikan sudah mengetahui seluk beluk saham dengan baik agar terhindar dari kerugian. Mengingat saham berprinsip high risk dan high return.